Kursus Menjahit Kaos Distro Bandung

Mengenal Jenis Rajutan Kaos

















Sebelum memulai usaha koneksi, ada baiknya kita mengenal beberapa jenis rajutan kaos. Dengan penambahan wawasan ini akan membantu kita saat melakukan proses produksi, karena mengenal karakter masing-masing bahan. Berikut ini jenis rajutan yang umum digunakan dalam industri knitting atau rajut.
1. Single Knitt (S)
Rajutan single knit adalah rajutan dengan jarum single. Hasil rajutannya hanya satu permukaan atau tidak bisa dibolak-balik (2 permukaan) yaitu halus diluar dan kasar di dalam. Jenis rajutan ini paling banyak digunakan di semua kaos distro, baik berbahan combed, carded, TC, PE dan Hyget. Model rajutannya bersifat rapat, bahan padat, kurang lentur (stratching).
2. Dsuble Knitt (D)
Rajutan jenis ini berupa rajutan Jarum Double. Sehingga penggunaannya bisa dibolak-balik (atas bawah tidak masalah), bagian luar dan dalam sama-sama halus. Model rajutannya tidak rapat, bahan kenyal, lembut, dan lentur. Produk kaos yang biasa memakai rajutan jenis ini adalah pakaian untuk bayi  dan anak anak yang membutuhkan kelembutan bagian dalamnya. Ada sebagian orang menyebut bahan ini dengan sebutan Interlock. Dari sisi harga, lebih mahal dibanding single knitt
3. Lacoste
Rajutan jenis ini merupakanrajutan texture/corak. Rajutannya yang halus hanya bagian luar dan tidak bisa dibolak-balik.  Jenis rajutannya bertexture, bulat, kotak, atau menyerupai segitiga kecil-kecil.
Sebagian orang ada yang menyebut bahan ini Pique atau Cuti, dan hanya lazim digunakan untuk Polo Shirt atau Kaos Kerah atau kaos Wangky.
4. Stripper atau Yarn die
Rajutan jenis ini merupakan rajutan kombinasi benang warna (Yarn Dye). Dalam penggunaan tidak bisa di bolak-balik. Jenisnya bisa Single Knitt maupun Double Knitt. Proses finishing harus openset / belah.
Orang menyebut bahan ini dengan sebutan bahan salur / warna-warni. Biasa digunakan untuk produk kaos dewasa ( Pria, Wanita, T-Shirt, maupun Polo Shirt ).
5. Drop Needle
Rajutan kenis ini adalah adalah rajutan dengan variasi cabut jarum. Penggunaannya bisa di bolak-balik. Jenis rajutan texture garis lurus vertikal, lembut, dan lentur. Dalam aplikasinya digunakan untuk rib leher kaos oblong, ladies T-Shirt, dan kaos singlet.
Demikian 5 jenis rajutan kaos yang paling populer digunakan dalam usaha konveksi.

Sekolah Usaha Konveksi