Kursus Menjahit Kaos Distro Bandung

Cara Kulakan Membeli Bahan Kaos Distro


Satu hal yang penting dalam usaha konveksi adalah proses pembelian bahan baik berupa bahan kaos maupun benang dan lainnya. Pembelian bahan ini penting dipelajari agar mendapatkan harga yang terbaik berikut kualitasnya.

Dalam pembelian bahan, setidaknya ada 3 metode pembelian dimana masing-masing memiliki keunggulan berdasarkan kondisi kerjaan yang kita ambil. Berikut ini penjelasan rincinya.

1.       Pembelian Kiloan
Pembelian kiloan adalah pembelian bahan kaos dalam sekala kecil atau tidak genap 1 roll/ball. 1 Roll biasanya kurang lebih 25 kg. Pembelian kiloan ini biasanya dilakukan saat menerima proyek dalam ukuran kecil, misal 3 lusin. Kalau kita beli 1 ball, maka banyak bahan yang tersisa, kita hanya butuh sekitar 10 kg bahan, tetapi kita harus beli 25 kg, sehingga sisanya akan jadi inventori. Namun demikian, pembelian kiloan harganya lebih mahal, biasanya selisih 5.000 per kilonya dari harga beli roll/ball.

2.       Pembelian Ball/Roll
Berikutnya adalah pembelian ball/roll. Pembelian ini biasanya dengan berat +/- 25 kg per warna. Pembelian ball/roll biasanya dilakukan saat kebutuhan pesanan memang besar sehingga perlu bahan yang banyak pula. Keuntungan dari beli roll/ball ini adalah harga lebih murah rp. 5.000 per kilonya dibandingkan dengan pembelian eceran atau kiloan.

3.       Pembelian Serian/Paket
Pembelian berikutnya adalah pembelian serian atau pesan langsung ke pabrik. Pembelian jenis ini adalah pembelian dalam skala besar. Biasanya jumlah minimumnya tergantung dari pabrik kaosnya, ada yang minimal 5 ball sampai ada yang 10 ball. Untuk jenis pembelian ini biasanya dilakukan oleh konveksi besar, karena kelebihan selain dari sisi harga yang lebih murah, bisa hemat sampai 5.000/kg dibandingkan beli ball/roll, pemesan juga bisa memesan dengan jenis warna yang diinginkan. Bisanya dilakukan clothing besar agar produk warna kaosnya tidak pasaran serta untuk menghindari plagiat desain kaos. Desain bisa jadi diplagiat, tetapi bahan kaos dasarnya tidak ditemukan di pasar.

Demikian tentang teknis membeli bahan kaos untuk usaha konveksi. Salah satu hukum beli bahan adalah, jika anda membeli bahan kaos di toko tertentu, maka bahan ribs-nya juga harus dibeli di toko tersebut. Kalau tidak, bisa jadi warna kaos dan ribsnya bisa berbeda walau sama-sama warna dasarnya. Demikian, semoga memberikan pencerahan bagi pelaku usaha konveksi.


Kursus Usaha Konveksi