Kursus Menjahit Kaos Distro Bandung

Tempat Kulakan Bahan Kaos di Bandung


Memilih supplier bahan kaos adalah hal yang sangat penting bagi menjaga kualitas produk yang dihasilkan. Walau gramasi kaos sama, namun setiap pabrik bahan kaos memiliki keunggulan dan keunikan masing-masing.

Selama mengeluti usaha konveksi, dapat disimpulkan ada harga ada barang. Artinya, secara umum harga bahan semakin mahal maka kualitasnya semakin bagus. Ini menurut petualangan kami dalam mencari bahan untuk tempatk konveksi yang kami dirikan.

Tempat penjualan bahan, khususnya di Bandung, kami mengenal beberapa tempat. Menurut pengalaman alumni www.sekolahsablon.com bahan kaos produksi Bandung masih lebih baik secara kualitas dibandingkan dengan produk luar Bandung. Bisa dikatakan, bahan produksi Bandung secara umum yang terbaik di Indonesia, walaupun dari sisi harga, bahan dari Tanah Abang dan Pasar Cipadu Jakarta bisa dikatakan lebih miring 5.000 s/d 10.000.

Meskipun demikian, grade kualitas bahan di Bandung bisa dikatakan terbagi menjadi 3 kelas, kelas atas, menengah dan kelas ekonomi.

Untuk kelas atas, biasanya penjual bahan menjual di tempat khusus, bisa di perumahan atau ruko tertentu. Misal Toko KN, Toko TM, Toko ST, Toko SJ.

Sedangkan untuk kelas menengah, secara umum tersebar di Jl. Otto Iskandar Dinata, Bandung. Banyak sekali outlet penjual bahan bertebaran disana.

Untuk kelas bawah, biasanya diambil dari bahan BS (Barang Sisa), dimana di Bandung pusatnya ada di Cigondewah, kawasan Bandung Bagian Barat Daya. Kain BS biasanya terbagi menjadi dua, yaitu memang benar-benar barang sisa produksi, biasanya dalam jumlah terbatas dan kualita bagus, ada juga baran yang reject  atau defect. Barang ini biasanya cacat produksi, bisa dari sisi benang yang kurang, pencelupan yang tidak sempurna atau sobek.

Harga barang di Cigondewah bervariasi, jika kita pandai menawar biasanya mendapatkan harga terbaik, namun umumnya tidak bisa repeat order, karena memang barang BS.

Demikian sekilas tempat kulakan bahan kaos khususnya di area Bandung. Untuk area Jakarta dan kota yang lainnya, kami belum punya referensi secara khusus. Semoga membantu.


Kursus Usaha Konveksi