Kursus Menjahit Kaos Distro Bandung

Mengenal Mesin Jahit Untuk Usaha Konveksi


Untuk memulai usaha konveksi dari skala kecil, dibutuhkan mesin jahit dasar untuk memulainya. Setidaknya ada mesin jahit yang diperlukan agar usaha konveksi kaos berjalan normal. Berikut ini mesin jahit yang harus disiapkan dalam rangka mendukung usaha konveksi dalam skala usaha kecil.

1.       Mesin Jahit Standar
Mesin jahit standar atau mesin jahit jarum satu digunakan untuk menjahit kaos untuk jahit standar. Mesin jahit standar banyak ragam dan mereknya, bisa menggunakan jahit manual atau jahit otomatis yang menggunakan motor listrik. Ada beberapa merek, mulai dari merk Jepang yang terkenal handal seperti Juki & Mitsubishi, atau merk China semacam Yamata dan lainnya.

2.       Mesin Obras
Mesin obras kaos digunakan untuk mengobras kaos. Jahit obras adalah jahit yang digunakan menghubungkan 2 jenis kain kaos. Biasanya mesin obras digunakan untuk menjahit pinggir bagian pinggang sebelah dalam.

3.       Mesin Over Deck
Mesin overdeck adalah mesin jahit yang digunakan untuk menjahit lipatan. Permukaan atas berupa jahitan dengan 2 benang, sedangkan bagian bawah seperti jahit obras. Untuk melihat jenis jahitan overdeck bisa dilihat di kaos bagian bawah.

4.       Mesin Jahit Rantai
Mesin jahit rantai, digunakan untuk menjahit kaos bagian pundak. Hampir semua kaos standar distro telah menggunakan jahit rantai pada jahitan bagian pundak. Jadi jika anda memulai usaha kelas distro, perlu memiliki mesin jahit rantai ini.

5.       Mesin Pembuat Bis
Mesin pembuat bis adalah mesin potong kain untuk lebar tertentu yang digunakan untuk membikin bis kaos. Bis kaos adalag kain penutup jahitan bagian belakang sehingga kaos menjadi rapi. Untuk kaos distro hampir semua telah menggunakan biz. Mesin ini perlu dimiliki jika telah masuk sekala industri, kalau belum ada biasanya pembuatan bis menggunakan cara manual, yaitu dengan gunting saja.

Demikian terkait mesin jahit yang perlu disiapkan jika anda pengin terjun dalam dunia konveksi. Terkait cara investasinya, nanti akan saya jelaskan lebih rinci.


Kursus Usaha Konveksi