Kursus Menjahit Kaos Distro Bandung

Aspek Penting Dalam Mendirikan Usaha Konvekso


Ada 3 aspek penting dalam pengelolaan konveksi yang perlu menjadi perhatian. Untuk membangung sebuah usaha konveksi, 3 aspek ini perlu mendapat perhatian serius. Berikut penjelasannya.

1.       Kualitas
Dalam usaha konveksi, setidaknya ada 4 kelas kualitas, kelas butik, garmen, konveksi dan borongan. Kualitas butik perlu kemampuan ekstra untuk menjahitnya, sehingga memerlukan tenaga jahit ahli untuk menjalankannya. Beda lagi dengan kelas borongan, biasanya asal jahit dan stor. Kelas borongan biasanya banyak digunakan untuk produksi kaos partai, penjahit akan dibayar sesuai jumlah jahitan yang distor ke pengepul.

2.       Schedulling
Berikutnya adalah factor scheduling. Artinya seberapa tepat pesanan atau produksi dapat dikerjakan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Banyak ditemui usaha konveksi yang gagal memenuhi schedule karena menerima proyek yang membayarnya lebih mahal. Faktor scheduling menjadi saat penting jika berhubungan dengan event, jika tidak memenuhi target biasanya akan terkena pinalti.

3.       Costing
Berikutnya adalah costing atau pengelolaan biaya produksi. Banyak konveksi asal terima order walaupun harganya dibawah harga produksi. Kondisi ini sangat berbahaya, walaupun ada proyek tetapi pada akhirnya pemilik mensubsidi proyek tersebut, sehingga tidak untung malah bunting. Perlu adanya pemahaman yang mendalam terhadap costing agar jangan sampai beban usaha meningkat tetapi keuntungannya minus.
Demikian, 3 hal utama yang perlu dipahami bagi calon usahawan konveksi agar tidak tersesat saat memulai usaha.

Kursus Usaha Konveksi