Kursus Menjahit Kaos Distro Bandung

Proses Produksi Kaos Distro


Mengetahui proses alur produksi adalah mutlak diketahui oleh pelaku usaha konveksi. Dengan mengetahui alr produksi akan membantu menyusun bisnis proses produksi secara maksimal. Berikut ini adalah alur produksi usaha konveksi kaos distro:

1.       Cutting
Proses cutting adalah proses pemotongan bahan kaos dari bahan kaos dipotong sesuai dengan pola yang diinginkan. Prosesnya adalah bahan kaos yang berbentuk seperti sarung ditaruh di meja potong. Kemudian dilakukan marker sesuai dengan ukuran pola kaos, mulai dari bagian depan kaos, bagian belakang dan lengan. Dengan marker dengan kapur jahit proses selanjutnya adalah pemotongan kaos sesuai dengan pola yang telah dibentuk. Banyak alat cutting yang bisa digunakan, mulai dari gunting kain sampai dengan cutting electric. Proses akhir dari cutting adalah mengelompokkan hasil cutting sesuai dengan ukuran.

2.       Sablon
Proses penyablonan dilakukan pada bahan kaos yang telah di cutting, proses penyablonan bisa dilakukan sesuai pesanan, didepan, belakang atau juga di label kaos. Jenis sablon disesuaikan dengan permintaan, bisa dengan tinta berbasis water base maupun oil base. Setelah selesai sablon dilakukan heat press atau di curing.  Jika proses ini selesai, hasil sablonan dikelompokkan lagi sesuai ukuran sekaligus sambil melakukan QC (Quality Control) terhadap hasil sablonan dan pembersihan tinta jika ada yang tidak tepat.

3.        Jahit
Proses selanjutnya adalah penjahitan. Bahan yang sudah disablon selanjutnya dijahit dengan menggabungkan bagian depan, belakang, ribs dan bis serta size dan label. Proses jahit menggunakan jahit obras, overdeck dan mesin jahit rantai. Jika sudah selesai, maka bahan sudah dalam bentuk kaos. Proses selanjutnya perlu dilakukan finishing.

4.       Finishing
Proses finishing terdiri dari QC (Quality Control), bersihin benang, steam, pemasangan label, pelipatan dan memasukan dalam plastic kemasan. Proses akhir dari produksi kaos adalah memisahkan kaos yang sudah jadi berdasarkan size dan dilakukan pengikatan. Jika proses ini sudah selesai, maka barang sudah siap jual atau masuk toko.

Demikian proses produksi konveksi secara umum. Dalam prakteknya bisa dilakukan variasi sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Kursus Usaha Konveksi